Senin, 24 Oktober 2016

Invita 2016

Saya akan menceritakan pengalaman saya invita 2016 tanggal 19-23 kemarin yang diadakan oleh SMP Labschool Jakarta. Invita kepanjanganya adalah “Industri visit dan tafakur alam.” Invita ini dilaksanakan di Yogyakarta.
               Di hari sebelum INVITA ada briefing. Disini kita membahas apa peraturannya, bahan-bahannya dan lain-lain.
                Hari pertama INVITA, murid-murid bertemu di Stasiun Gambir pintu utara jam 18:00. Mruid dibagikan tiketnya masing-masing oleh wali kelasnya masing-masing. Setelah itu ada ampel pembukaan. Kita berdoa bersama dan diberitahu informasi-informasi. Murid meletakkan kopernya sesuia kelasnya masing-masing. Kereta sampai di stasiun jam 08:00. Murid dipersilahkan sholat Maghrib terlebih dahulu. Saat kereta sampai, murid dipersilahkan naik sesuai giliran, 8A terlebih dahulu sampai 8G. Lama perjalanannya adalah 8 jam. Kita dikasih makan malam saat semua sudah duduk sesuai kursinya masing-masing. Selesai makan, banyak siswa yang masing mengobrol, bermain, main gadget dan lain-lain. Sebagian sudah tidur. Disebelah gerbong saya ada kantin, jadi bila haus atau lapar kita bisa beli disitu. Banyak siswa yang tidak tidur.
                              Sampai di Yogyakarta jam 4, kita menuju bus kelas masing-masing. Karena saya kurang tidur, saya tidur di bus.Setelah itu kita menuju restoran untuk makan, sholat, dan transit mandi. Selesai makan, kita kembali ke bus menuju “Sabila Farm.” Untuk melihat  tempat budidaya buah naga. Disini siswa diberitahu sejarah “Sabila Farm”, buah apa saja yang mereka tanam disitu, apa yang mereka jual, dan lain-lain. Kelas 8A-8C melihat buah naga nya terlebih dahulu sedangkan 8D-8G diberitahu sejarah “sabila Farm” terlebih dahulu, lalu bergantian. Setelah itu, siswa diperbolehkan membeli produk yang dijual oleh “Sabila Farm”. Setelah itu kita kembali ke bus masing-masing untuk menuju ke Solo. Kita ke Solo untuk menuju ke PT.Sritex. PT.Sritex memproduksi berbagai pakaian tekstil mulai dari berbagai baju tentara dari 30 negara, dan lain-lain. Kita diberitahu sejarah pendiri PT.Sritex, sejarah sritex dan lain-lain. Setelah itu kembali ke bus untuk makan siang dan menuju kembali ke Yogyakrta untuk menuju ke JOGJA T-Shirt. Siswa dipersilahkan untuk membeli produk JOGJA T-Shirt bagi yang berminat. Setelah JOGJA Tshirt siswa menuju restoran untuk makan malam. Setelah itu ke Cavinton Hotel. Kartu kamar hotel dibagikan di bus. Kita tidur sesual kelompok tidur yang sudah dibuat berminggu-minggu kemarin. Saya dipilih menjadi penanggung jawab kuncinya. Kamar saya ada dilantai 3. Sampai dikamar saya mandi, main Handphone, dan tidur. Kita akan di morning call jam 04:30.
                                Paginya saya dibangunkan oleh teman saya jam 05:30-an karena saya tidak bangun walaupun ada morning call. Hari ini kita memakin baju kelas masing-masing. Setelah itu saya mandi, dan sarapan di lantai 2. Setelah makan, kita ke lnatai 1  dan ke bus masing-masing untuk menuju Keraton. Setelah keraton kita menuju masjid untuk sholat jum’at. Setelah sholat Jum’at kita ke bus untuk makan siang dan menuju tempat membatik. Kita diajari membatik disana. Setelah membatik kita menuju pantai parangtritis. Karena baju kelas saya warnanya hijau jadi sesuai persepakatan, kita membawa baju hitam. Banyak teman saya yang naik ATV. Setelah dari pantai kita pergi ke Malioboro untuk belanja oleh-oleh. Kita diberi waktu 2 jam di Malioboro. Selesai dari malioboro, kita kembali ke hotel. D hotel saya mandi, main Handphone sebentar dan tidur.
                            Paginya saya dibangunkan lagi oleh teman saya karena tidak nyadar ada Morning Call. Setelah mandi dan sarapan, saya membawa koper saya ke bus. Dan kita menuju gunung merapi untuk LAVA TOUR. Kita menaiki jeep untuk mengelilingi sekita merapi dan ke bungker. Setelah dari merapi saya ke Candi Borobudur. Setelah itu ke pusat Oleh-Oleh Jogja. Setelah itu ke Stasiun Tugu. Tiket dibagikan di depan Stasiun Tugu. Setelah itu ganti baju, sholat maghrib dan menunggu kereta. Kereta sampai dan kita menuju gerbongnya masing-masing.
                              Setelah 8 jam di kereta. Kita sampai di Jakarta dan pulang.

Senin, 25 Juli 2016

Liburan kenaikan kelas

Liburan

Saat liburan kenaikan kelas, saya hanya diam di rumah. Setiap hari,Setelah sahur, saya bermain Handphone sebentar, shalat shubuh, dan tidur. Saya bangun jam 8, setelah bangun saya mandi dan bermain game 4 jam dan istirahat. Setelah makan, saya tidur atau melanjutkan bermain game. Saya berhenti bermain game jam 5. Sambil menunggu buka puasa saya menonton TV.Setelah berbuka puasa saya shalat maghrib. Pada jam 08:30 saya shalat isha dan tidur. Berbeda dengan Hari Sabtu dan Minggu. Saat siang saya biasanya pergi ke Restoran untuk berbuka atau ke Mall dan jika sudah mendekati berbuka saya berbuka puasa di Mall . Setelah Lebaran , keluarga saya berencana pergi ke rumah nenek dan kakekku yaitu di magelang. Saya kesana menggunakan pesawat dan menginap 2 malam. Hari terakhir saya kembali ke jakarta menggunakan pesawat. Keesokan harinya saya sekolah

Minggu, 20 Maret 2016

Ekskul Robotik

Robotik

Di SMP Labschool Jakarta terdapat banyak macam macam ekskul, seperti Robotik, chef, futsal, basket, badminton, theater, paskibra, KIR, Merpati Putih, dan lain-lain. Ekskul wajib diikuti semua siswa SMP Labschool kecuali kelas 9.Siswa wajib mengikuti Ekskul minimal satu ekskul.Pertama-tama SMP Labschool mengadakan Expo Ekskul sebelum mengadakan ekskul yang wajib diikuti. Expo Ekskul itu seperti promosi Berbagai macam Ekskul. saat semester 2 siswa boleh mengganti eskul yang dipilih saat semester 1, tetapi siswa tidak mendapatkan sertifikat eskul. Saya mengikuti eskul Robotik . saya mengikuti Eskul Robotik pada semester 1 dan semester 2. Saya akan memperkenalkan Eskul Robotik.

Eskul Robotik merupakan eskul yang membuat program untuk mengontrol robot, menyusun robot, dan lain-lain yang berkaitan dengan robot. Disini siswa dapat mempelajari tentang cara memprogram robot untuk jalan, belok, berhenti, dan lain lain.Dalam eskul robotik ini siswa membagi kelompok dan setiap 1 kelompok itu harus mempunyai 1 laptop. Laptop itu dipergunakan untuk memprogram robot. dalam memprogram robot kita memakai program khusus memprogram robot. Bagi yang tidak punya laptop, tidak dapat memprogran robot.Eskul ini diadakan pada hari kamis pukul jam tiga sampai jam lima sore.

Pelantikan pramuka

Pada hari sabtu tanggal  27 februari, SMP Labschool Jakarta Mengadakan Pelantikan Pramuka Penggalang Ramu. Pelantikan ini wajib diikut oleh semua siswa/siswi SMP Labschool. Siswa harus membawa perlengkapan pramuka seperti : tali koor, tongkat, tali pramuka, baret, buku SKU, DLL. Pertama, Siswa berkumpul di Halma SMP Labschool pukul 06:00 untuk melaksanakan Apel pembukaan. Saat apel pembukaan siswa diberitahu nomor tronton yang akan dinaiki. Setelah Apel, Siswa menaiki tronton masing-masing sesuai yang diberitahu saat Apel.

Setelah itu siswa langsung menuju tempat lokasi pelantikan yaitu di Depok. Sampai di Depok siswa berkumpul, istirahat dan diberi pertanyaan yang berhubungan dengan kepramukaan. Setelah semua regu selesai mejawab pertanyaan-pertanyaan itu, siswa berkumpul untuk melaksanakan “Menjelajah”. Dalam menjelajah, siswa memasuki 3 pos yaitu   pos 1 adalah pos test hafalan DasaDharma dan Tri Satya, Pos 2 yaitu test semaphore, pos 3 yaitu test membuat simpul pangkal dan simpul mati.

Setelah menyelesaikan 3 pos, siswa latihan baris-berbaris, Istirahat, sholat, dan makan. Saat makan, siswa berkumpul sesuai regu untuk melaksanakan makan bersama yaitu siswa saling berbagi makanan. Setelah ISHOMA, siswa mengenakan seragam lengkap karena setelah itu siswa mengadakan latihan upacara pelantikan pramuka penggalang ramu. Saat latihan, siswa diberi pita gudep . Selesai latihan, siswa melaksanakan upacara pelantikan penggalang ramu.Saat pelantikan, Buku SKU siswa di tanda tangan. Setelah pelantikan siswa pesiapan pulang dan kembali ke tronton masing – masing. Siswa sampai di SMP Labschool pukul sekitar 05 :00

Saksi 2016

Pada tanggal 5 sampai 7 Februari SMP labschool Jakarta mengadakan SAKSI (Studi dan Apresiasi kepemimpinan Siswa Indonesia). Sebelum SAKSI, pada tanggal 1-3 diadakan Pra-SAKSI.

Hari pertama
Hari Jum’at tanggal 5 siswa menuju tempat lokasi saksi yaitu Gunung Bunder. Sampai di Gunung Bunder siswa melaksanakan Apel pembukaan. Setelah itu siswa melaksanakan shalat Jum’at dan Makan komando/terpimpin. Setelah itu siswa dibagi menjadi 2 regu dan 4 kelompok yang berfungsi sampai akhir SAKSI .Malamnya siswa di ajarkan para tentara tentang sifat-sifat kepemimpinan.

Hari Kedua
Siswa bangun jam 5:30 untuk melaksanakan shalat shubuh dan    makan komando.setelah itu melaksanakan senam pagi.setelah senam pagi, siswa melaksanakan outbound. Setelah outbound siswa dibagikan lencana SAKSI. Setelah itu siswa pergi hiking. Setelah hiking, siswa diberi waktu untuk istirahat dan mandi. Setelah mandi, siswa melaksanakan makan komando. Setelah itu ada pentas seni yang dilaksanakan di aula serta shalat maghrib dan isha.setelah itu siswa kembali ke barak untuk tidur.

Hari ketiga

Siswa bangun seperti biasa dan melaksanakan shalat shubuh. Setelah itu siswa makan komando,merapihkan barang-barang dan foto sesuai kelasnya masing-masing. Setelah itu siswa ke tronton dan pulang.